Rabu, 26 Oktober 2016

Pengaruh New Media Terhadap Dunia Pendidikan

Apa itu New Media?

New media merupakan sebuah wadah dari perkembangan ilmu teknologi yang secara tidak langsung telah mempengaruhi budaya dan cara pendidikan di lingkungan masyarakat. New media berkembang dari media cetak sampai ke media elektronik. Perkembangan media ini pun memiliki sejarah yang sangat panjang mulai dari mulut ke mulut sampai saat ini kita dapat menikmati informasi dengan sangat cepat dan akurat berkat perkembangan dari media yang terbarukan.
Disadari atau tidak kita sedang menuju era globalisasi. Pengaruh globalisasi ini semakin terasa dengan semakin banyaknya saluran informasi dalam berbagai bentuk media. Media tersebut akan terus berkembang seiring perkembangan teknologi. Media ini disebut sebagai media terbarukan atau new media.
Seperti sebuah kutipan dari Miarso (1989), Media telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan kita, meskipun dalam derajat yang berbeda-beda. Di negara yang telah maju, media telah mempengaruhi kehidupan hampir sepanjang waktu. Waktu yang terpanjang, yang paling berpengaruhi itu adalah waktu yang digunakan untuk bersekolah.

Apa itu pendidikan?

Pendidikan adalah suatu pembelajaran atau pelatihan yang terus dilakukan dari satu generasi ke generasi berikutnya dengan tujuan untuk melestarikan tata cara kehidupan dan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik di setiap generasi berlanjut. Dengan berkembangnya sebuah teknologi, tentu saja pendidikan akan lebih mudah diakses dan lebih cepat pula untuk diterima. Karena teknologi sendiri diciptakan untuk membantu kegiatan manusia.

Peran New Media terhadap pendidikan

Kebutuhan akan sebuah teknologi tentu saja akan terus bertambah. Karena teknologi akan semakin mendekati kebutuhan manusia dan akan terus mempermudah kinerja manusia dalam segala aspek. Hadirnya teknologi, selalu menimbulkan dampak positif dan dampak negatif. Tidak terkecuali dalam bidang pendidikan ini, pendidikan memberikan berbagai dampak terhadap penggunanya.

Dampak Positif
   
   1.   Dengan adanya new media, proses pengajaran akan jauh lebih mudah dibanding dengan cara konvensional. Misal, para guru dapat memberikan materi kepada para siswa ketika sang guru berhalangan untuk hadir di dalam kelas. Para guru tetap dapat mengajar meskipun tidak dengan cara tatap muka.
   2.   Dengan media internet, para siswa dapat belajar secara otodidak ketika penjelasan materi yang diberikan oleh guru didalam kelas kurang memenuhi. Para siswa dapat belajar melalui eBook yang tersebar luas di internet dan bisa didapatkan secara gratis.
   3.   Para siswa tingkat SMA bisa mendapatkan informasi-informasi tambahan mengenai perguruan tinggi yang diinginkan. Karena semua hal mengenai perguruan tinggi, akan disebarkan melalui website dari perguruan tinggi tersebut.
   4.   Manfaat untuk para guru ketika mengolah data, para guru hanya perlu menginput nilai, lalu setelah itu tinggal melakukan proses penghitungan. Proses pencarian siswa berprestasi pun dapat dilakukan dengan sangat mudah dengan adanya teknologi.
   5.   Proses administrasi dapat dilakukan sepenuhnya oleh media komputer dan internet. Dengan media ini, data siswa akan jauh lebih mudah diakses dan lebih akurat.

Dampak Negatif
   
   1.   Dengan akses tanpa batas, tentu saja menjadi kelemahan pada sistem media ini. Para siswa bisa mendapatkan informasi apapun termasuk konten pornografi dengan sangat mudah. Kelemahan inilah yang harus terus dibenahi oleh pemerintah. Orangtua pun memiliki peran yang sangat penting dalam hal pengawasan terhadap siswa sejak dini. Memberikan akses penuh terhadap internet ketika mereka belum mampu untuk mengendalikannya, maka kemungkinan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akan jauh lebih besar.
  2. Dengan segala kelebihannya, media akan membuat penggunanya lupa waktu. Pada akhirnya, pengguna hanya bermalas-malasan pun bisa mendapatkan segala sesuatu yang diinginkan.
3.   Kasus penculikan pun marak terjadi karena adanya akses yang tidak terbatas ini. Para pelaku kejahatan akan dengan mudah mendapatkan informasi mengenai korban hanya melalui sosial media.


Sumber:
lpmlimas.com/budaya-new-media-terhadap-kebudayaan-dan-pendidikan/
kompasiana.com

http://hendro-susanto-fisip12.web.unair.ac.id/artikel_detail-113963-Antropologi-Pendidikan-Pengaruh-Media-Elektronik-Terhadap-Pendidikan-Anak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar