Rabu, 12 Oktober 2016

Internet Of Things



Internet Of Things Itu . . .

Internet of Things adalah konsep dasar yang menghubungkan perangkat apapun satu sama lain. Istilah lain mengatakan bahwa Internet Of Things berarti berbagai macam benda nyata yang terkoneksi dengan internet.
Ide awal Internet of Things pertama kali dimunculkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 di salah satu presentasinya melalui Auto-ID Center di MIT. Banyak yang memprediksi bahwa pengaruh Internet of Things adalah “the next big thing” di dunia teknologi informasi, hal ini karena IoT menawarkan banyak potensi yang bisa digali.
Seperti rumah, kulkas, TV, mesin cuci, lampu, mobil dan lainnya. Pada dasarnya, jika kita memiliki peralatan yang mempunyai saklar on dan off, peralatan tersebut mempunyai kesempatan yang besar untuk digunakan dalam ranah IoT.


Cara Kerja Internet Of Things

IoT memiliki cara kerja dengan memanfaatkan argumentasi pemrogaman yang dimana tiap – tiap argumennya itu menghasilkan sebuah interaksi antara sesama mesin yang terhubung secara otomatis tanpa campur tangan manusiadan dalam jarak apapun.
Tantangan terbesarnya adalah dalam mengkonfigurasikan dan menyusun jaringan komunikasinya sendiri, yang dimana jaringan tersebut adalah sebuah jaringan yang sangat komplek, dan memerlukan keamanan yang sangat ketat. Oleh karena itu, biaya yang mahal sering menjadi penyebab kegagalan yang berujung pada gagalnya produksi IoT secara masal.


Resiko Internet Of Things

Di balik kelebihan yang sangat banyak IoT juga memiliki kelemahan karena terlalu mudahnya di gunakan sehingga memungkinkan banyak akan bermunculan peretas atau hacker, yang dapat menyalahgunakan penggunaan IoT, oleh sebab itu keamanan dan privasi dari IoT itu sendiri harus lebih ditingkatkan. Memang, tidak ada sistem yang 100% aman tanpa resiko peretasan.
Tetapi, semakin canggihnya suatu alat, tentu akan semakin mutakhir pula kualitas alat tersebut. Termasuk dari segi keamanan. Diharapkan, semakin banyaknya pengalaman, produk-produk IoT akan semakin baik dan semakin aman untuk digunakan dalam real life.


Pustaka:
http://iot.co.id/apa-itu-internet-of-things/
http://gudanglinux.com/glossary/internet-of-things/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar